Kamis, 07 Januari 2010

ketika China datang..

halo semua...

kalian mungkin tau ya berita tentang free trade antara indonesia dengan china mulai 1 januari 2010..
yup!

kalo menurut aku si.. sebagai orang yang sangat murahan.. alias suka barang2 murah.. mendengar hal itu aku langsung hore2..
tapi karena aku adalah warga negara indonesia yang baik dan rajin menabung, maka aku akan sangat sedih sekali..

gilee.. apa2 semua dari china!
sampe buah2an china aja lebih murah daripada buah lokal. contoh mudah tu jeruk mandarin.. lebih murah harganya daripada jeruk lokal dan soal rasa..
yee.. hal itu bisa lah disama ratakan dan seringnya lagi, jeruk2 china tu rasanya lebih maknyuss pemirsa! *kejujuran memang menyakitkan*


contoh mudah lagi, film.
tuu.. kan.. coba liat kera sakti, jujur aja aku suka banget nonton kera sakti dibandingin film2 TPI tentang siluman2 asli indonesia.. (-__-)
gimana ya... bukannya ga mau nonton film2 siluman or legenda2 indonesia.. tapi...hiikss... yaaah.. begitulah.. tonton aja sendiri... baru komentar..
satu lagi, tentang tao ming tse.. pasti cewe seantero indonesia demen banget nonton meteor garden dari pada nonton dude herlino..
nah lo.. dampak china tu bener2 mantab kan?

back to free trade sama china..
mengenai makanan... yippie.. sumpe deee.. aku demen banget yang namanya kwe tiau dari pada pecel... (-__-)..

trus tentang baju..
untuk para penggandrung fashion di seluruh indonesia terutama cewe2.. bener kan kalo bajunya china tu lucu2..?? aku punya temen ya.. dia punya tas bulu2 lucuuuuu banget.... ternyata tu made in china lo..

okelah... banyak banget barang2 dalam kehidupan kita sehari2 yang ga bisa lepas dari china.. bahkan laptopku ni, yang katanya amerika punya.. eh, tetep aja pabriknya ada di china.

bisa dibayangkan kalo di indonesia dipenuhi barang2 dari china. dampaknya adalah masyarakat yang menganut paham murahan seperti aku, akan bergembira ria seperti bisa dapet barang murah, bagus, kualitas impor, dan murah tentunya..

tapi akan sangat memprihatinkan dengan perusahaan2 aseli indonesia yang memproduksi barang keperluan sehari2..
bisa jadi sektor perdagangan dalam negri akan menyedihkan kalo orang2 penggila barang2 murah dari china akan happy2 dengan masuknya produk2 china.

lalu apa yang seharusnya kita lakukan..?
in my opinion...

untuk perusahaan indonesia yang kebanyakan tenaga kerjanya adalah orang indonesia..
1. jangan demo nuntut pemerintah untuk ga ber free trade ria dengan china. cuz demo tu ga dapet apa2.. cuma panas dan kulit jadi gosong.. nah, kalo kulit gosong alias item.. nanti semakin banyak produk whitening cream dari china yang bakalan laris di indonesia.
2. meningkatkan mutu.. ya iyalaaaaaahhh... secara punya china tu mutu dah lumayan ok.. ya punya kita harus ditingkatin lagi dooonk..
3. tingkatin kualitas SDM.. hohoho.. kalo SDM dah meningkat kualitasnya, otomatis la mutu produk juga meningkat
4. ga boleh patah semangat.. pliss deeeh.. jangan sampe deh perusahaan2 indonesia langsung loyo pas tau china dah masuk.. ayoo donk.. semangatt!! inget ya.. china tu ga ok2 amat ko.. pasti punya kelemahan..
5. jangan menyerah. inget lagnya d' massive ga..? hehehe.. ya udah si.. jangan menyerah!
6. jadikan hambatan ni sebagai tantangan! walopun susah... tapi kita harus berjuang!! chaiyook!! chaiyoook!! ooppsss... SMANGATT!! SMANGAATT!! *coba dengerin pidatonya bung tomo, bener2 membakar semangat lo*

dan.. untuk para konsumen indonesia raya tercinta...
gini ya.. kita sebagai konsumen.. memang kadang mengakui kalo buatan china not bad.. (lha modemku hua wei)
tapi ga boleh gitu juga donk.. walo murah... semakin banyak kita konsumsi tu china punya, maka yang ancur tu ya kita sendiri..alias sektor perdagangan dalam negri..
so yang harus kita lakukan adalah..
"cintai produk dalam negri!!!"

kalo yang namanya dah cinta.. mo tu harga mahal kek.. gimana kek.. pasti ya kita suka aja.. no matter what!
cinta tumbuh dari rasa kesadaran lo.. coba kalo kita ga sadar, alias pingsan.. ya jelas lah kita ga bisa ngrasain cinta..
hehehehe..
kamsudnya kesadaran bahwa kita ni orang indonesia. ya masa orang indonesia pakenya label china, ih.. malu doonk..

seperti aku ni.. aku dah mulai mencintai produk dalam negri..
kemarin buat baju batik kembaran sama pacarku.. (^^)v ternyata seru lo.. lucuuu...

sekian aja moga2 berguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar